Pages

Selasa, 13 Januari 2015

Etika Bisnis

Daun Sirsak 

Pola hidup masyarakat di zaman era sekarang ini sangatlah kurang baik. Dari segi kehidupan, pola makanan yang kita makan saja terkadang kurang sehat. Tanpa disadari kita lebih suka makan makanan yang instan. Tidak hanya itu jika kita berada di lingkungan sekitar, kita menghirup asap rokok, polusi kendaraaan yang akan menimbulkan gangguan kesehatan dalam tubuh kita.
      Salah satunya adalah munculnya penyakit Kanker dan Tumor. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa penyakit tersebut belum ada obatnya. Dalam bidang kedokteran penyakit tersebut dapat dihambat dengan operasi dan kemoterapi. Jika ada beberapa orang yang takut akan operasi tersebut janganlah khawatir,karna ada obat herbal yang dapat menghambat Kanker dan Tumor tersebut yaitu daun sirsak.
B.     Rumusan Masalah
Kandungan senyawa di dalam sirsak yang berguna bagi kesehatan
Bagaimana cara pengolahan daun sirsak sebagai media penghambat kanker
Apa manfaat daun sirsak bagi kesehatan manusia
C.    Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui manfaat, kandungan senyawa dan pengolahan daun sirsak bagi kesehatan manusia

A.    Pengertian
Nama Umum : Buah sirsak / sirsat
Nama Latin    :  Annona muricata L
Nama lain : Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda)  guanábana (Spanish), graviola (Portuguese), Brazilian Paw Paw, Corossolier, Guanavana, Toge-Banreisi, Durian benggala, Nangka blanda, and Nangka londa.
Rounded Rectangle: 4Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang sangat terkenal, buah yang memiliki rasa sedikit asam namun enak rasanya ternyata tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai buah biasa. Kandungan nilai gizi dalam buah sirsak ini ternyata memiliki segudang manfaat yang luar biasa. 
B.     Kandungan Senyawa Sirsak
Kandungan nilai gizi dalam buah sirsak ini ternyata memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Kandungan nilai gizi dalam buah sirsal dibagi menjadi beberapa bagian, seperti :
- Pada daging buah sirsak mengandung senyawa aktif dan ilmiah dengan kandungan zat gizi mencapai 67,5 %
- Pada kulit buah mengandung nilai gizi sebesar 20 %
- Pada biji buah mengandung nilai gizi sebanyak 8,5 %
- dan Pada inti buah mengandung nilai gizi sebesar 4 %
Selain air yang merupakan komponen terbanyak dalam kandungan gizi buah sirsak adapula komponen lainnya yang terkandung dalam buah sirsak ini seperti karbohidrat yang salah satunya adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar gizi sebanyak 81,9 – 93,6% dari kandungan gula total. Buah sirsak juga mengandung lemak yang sangat rendah dengan kadar lemak sebanyak 0,3-100 gr sehingga sangat baik untuk kesehatan. Buah sirsak mengandung rasa asam yang ditimbulkan dari asam organik non volatil yang berasal dari berbagai jenis asam seperti asam malat, asam sitrat dan asam isositrat.
Kandungan vitamin C merupakan kandungan vitamin yang sangat banyak dan paling dominan dengan kadar vitamin C yang dimiliki sebesar 20 mg/100gr yang terdapat pada daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang diperkirakan 60 mg/hari, vitamin C yang terkandung dalam buah sirsak juga mengandung anti oksidan yang sangat baik untuk meningkatakan sistem pertahana tubuh dan memperlambat proses penuaan dini.
Rounded Rectangle: 5Kandungan mineral yang memiliki oleh tanaman sirsak ini juga sangat baik untuk pembentukan kalsium sebagai pencegahan pengeroposan tulang atau osteoporosis dan memperkuat tulang. Hal ini didukung oleh adanya kandungan fosfor dan kalsium sebesar 27 dan 14 mg/100gr dalam buah sirsak. Komponen gizi lainnya mengandung serat pangan alami (dietary fiber) sebesar 3,3gr/100gr pada daging buah sirsak.
C.    Cara Mengolah
Cara mengolah daun sirsak menjadi minuman yang berkhasiat :
Daun Sirsak Segar
Ambil 10 lembar daun ukuran sedang (tambahkan atau kurangi sesuai ukuran daun)
  • Cuci bersih dengan air mengalir, jangan direndam.
  • Potong sedikit bagian pangkal dan ujungnya (lebih mudah menggunakan gunting)
  • Rebus 3 gelas/600cc air. Sebaiknya menggunakan panci tembikar yang khusus untuk merebus obat, biasanya untuk obat China.
  • Setelah air mendidih, masukan daun sirsak, kecilkan api kompor, dan biarkan selama 20 – 30 menit sampai air tinggal 1 gelas.
  • Tuang air rebusan daun ke dalam gelas, buang daunnya.
  • Tunggu hingga air menjadi hangat, minum sekali habis.
  • Untuk penderita kanker, minumlah 2 gelas sehari.
  • Untuk menjaga kesehatan, minumlah 1 gelas sehari atau 2 hari.

c.     Manfaat Daun Sirsak unutuk penyakit kanker dan tumor
Rounded Rectangle: 7Berbagai penelitian menunjukkan kandungan daun sirsak yaitu acitogenins pada daun sirsak cukup efektif dalam menghambat asupan nutrisi sel kanker. Di beberapa kasus acetogenis mampu menyerang dan mematikan sel kanker dengan aman dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.
Khasiat daun sirsak dapat menghambat proses berkembang biaknya dan pembelahan sel-sel kanker. Daun sirsak secara efektif bekerja dengan alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada kemoterapi. Manfaat daun sirsakjuga mampu meningkatkan sistim imunitas dan mencegah infeksi sel kanker yang mematikan.
Kandungan alami daun sirsak juga dapat secara selektif hanya membunuh sel-sel jahat dan tidak membunuh sel-sel sehat berdasarkan ATP-nya. Sel kanker memiliki ATP lebih tinggi dibandingkan dengan sel normal.
* Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
* Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
* Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.
* Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.

* Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.
* Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.


sumber:
tiffanisebelasipasatu.blogspot.com
https://ml.scribd.com/doc/245178772/Pengertian-daun-sirsak


0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Desi Wajarningtias - 11211885. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger