Pages

Sabtu, 04 Mei 2013

5 Cara Mengatasi PMS


Premenstrual syndrome atau PMS jadi momok untuk wanita. Penyebabnya karena saat PMS wanita merasakan berbagai hal mulai dari perut kembung hingga sakit kepala. Bagaimana mengatasinya? Konsultan seks wolipop, dr. Vanda Mustika menjelaskan ada lima cara yang dapat Anda coba sehingga PMS tak lagi jadi hal menakutkan.

1. Olahraga
Olahraga aerobik seperti jogging, bersepeda, berenang, senam dapat mengurangi gejala PMS ini. Dengan olahraga maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang menyebabkan rasa nyaman, mengurangi nyeri serta tubuh semakin bugar. Disarankan untuk berolahraga aerobik minimal 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit.

2. Jaga Asupan Cairan
Minum banyak cairan, cairan yang disarankan adalah air putih dan jus buah. Minuman seperti kopi, alkohol, minuman bersoda akan  menambah rasa kembung dan tidak nyaman di perut, selain itu juga akan menyebabkan tertahannya cairan di dalam tubuh.

3. Makan Sedikit-sedikit Tapi Sering
Dokter Vanda menyarankan untuk menambah frekuensi makan tapi dalam jumlah yang lebih kecil saat PMS. Hal ini perlu dilakukan karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu 3-4 jam. Sebaiknya makan snack atau buah setiap 3 jam. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan serta kurangi konsumsi garam dan gula.

4. Pola Tidur
Atur pola tidur yang benar, biasakan untuk tidak tidur terlalu malam. Langkah keempat ini bisa meredakan PMS karena saat tidur, otak bisa beristirahat sehingga gejala emosional yang dirasakan seperti mudah sedih, tegang, marah dapat mereda.

5. Obat-obatan
Bila langkah-langkah di atas belum menolong, maka mungkin diperlukan beberapa jenis obat-obatan yang akan diberikan oleh dokter. Obat-obatan yang mungkin diberikan berupa penghilang nyeri, anti depresi, atau anti cemas.



0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Desi Wajarningtias - 11211885. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger